TEKS NEGOSIASI, MENGEVALUSAI TEKS NEGOSIASI
https://www.mediafire.com/file/8htwegdnoyvb938/TEKS_NEGOSIASI_1.docx/fileocx/file
Kompetensi Dasar
3.10
Mengevaluasi pengajuan, penawaran
dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
4.10
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks
negosiasi secara lisan atau tulis
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:
1. merumuskan ciri teks negosiasi;
2. menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan penawaran;
3. menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan).
A. Mengevaluasi Teks Negosiasi
Pada dasarnya, negosiasi ialah proses tawar-menawar dengan jalan
berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) lain.
Tujuan negosiasi ialah
mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, untuk
memperoleh
sesuatu dari
pihak
lain (yang tidak
dapat
dipaksakan). Negoisasi
dilakukan
untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima
kedua
belah pihak dalam melakukan transaksi, atau
menyelesaikan sengketa/perselisihan pendapat.
Merumuskan Ciri Negosiasi
Untuk mengetahui apakah
sebuah
teks termasuk
ke dalam
negosiasi atau bukan, kamu harus mengetahui batasan teks negosiasi.
Sekarang, kamu akan
belajar
mengenali teks yang termasuk
teks
negosiasi.
Tutuplah
bukumu dan mintalah temanmu secara berpasangan
untuk
memeragakan dialog
berikut ini
di depan
kelas. Setiap selesai
pembacaan
satu teks, dikusikanlah pertanyaan-pertanyaan yang disediakan pada setiap akhir teks.
Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk teks negosiasi atau bukan, berikut ini disajikan
unsur-unsur yang
harus
ada dalam debat.
(a). Partisipan,
biasanya pihak yang
menyampaikan
pengajuan dan pihak yang
menawar. Pada beberapa
negosiasi untuk
memecahkan
konflik atau
pertikaian ada partisipan ketiga yang berperan sebagai perantara, penengah, atau pemandu.
(b). Adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.
(c). Ada pengajuan dan penawaran.
(d). Ada kesepakatan sebagai hasil negosiasi. Ketika tidak tercapai kesepakatan
berarti tidak terjadi negosiasi.
TEKS 1
Pembeli :
“Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
Penjual
: “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
Pembeli
: “Boleh kurang kan, bang?”
Penjual :
“Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho,
Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon .”
Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang.
Dua puluh ribu
saja ya?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
Pembeli : “Baiklah, tapi
saya
boleh milih sendiri, kan
Bang?”
Penjual : “Asal
jangan pilih
yang besar-besar,
Bu.
Nanti
saya
bisa rugi.”
Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan
tidak
busuk.”
Penjual
: “Saya jamin, Bu. Kalau
ada yang busuk
boleh ditukarkan.”
Pembeli
: “Baiklah, saya ambil
3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan
menimbang sendiri mangga yang dibelinya.
Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.
1
Siapa pelaku dalam dialog tersebut?
2
Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
3
Bagaimana tanggapan penjualnya?
4
Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?
5 Bagaimana kesepakatan itu terjadi?
TEKS 2
HP BARU
PerihalHPbarunyaitu,sesungguhnyasudahlamaRanimenginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta
langsung
pada Ayahnya, Rani pun
minta bantuan
ibunya.
Namun, tetap saja
usaha Rani gagal
Minggu lalu, Rani benar-benar berusaha meyakinkan Ayahnya betapa ia
sangat membutuhkan HP.
“Yah ... Rani benar-benar perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani pada Ayahnya. “Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan
sudah
ada
telepon rumah,”
kata Ayah
sambil
meletakkan koran
ke atas meja. “Tapi, Yah ...
semua
teman
Rani punya HP. Mereka dapat dengan
mudah menelpon orang tuanya saat terpaksa pulang telat.”
“Lha kalau begitu kamu jangan pulang telat,” kata Ayah lagi.
Rani hampir saja menangis.
“Tak hanya
itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman
Rani
yang dapat dengan mudah mengunduh
materi pembelajaran,
ngirim
tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,” kata
Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. Kalimat yang sudah beberapa
hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.
Mendengar penjelasan Rani, Ayah melepas kaca matanya dan menatap
Rani dengan lembut.
“Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?”
Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi Ayahnya.
“Iya Yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa
buat
diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP.”
“Hm ... Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ....” Ayah seakan sengaja menggoda Rani.
“Asal apa Yah?” tanya Rani tak sabar.
“Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk
hal-hal yang positif.”
“Rani janji, Yah. Makasih ya Ayah,” janji Rani sambil memeluk Ayahnya.
TEKS 3
TERIMA KASIH BU MIA
Kamis
pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia,
guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu
anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja
mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.
Sebenarnya hari
itu
Bu Mia akan memberikan
ulangan. Beberapa
siswa yang nafasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul
pada
Dani.
“Dan
... minta Bu Mia
menunda
ulangan dong.
Capek
nih,”
kata
Ali.
“Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan
ketua kelas, ” sambung Dani.
“Baiklah, aku
akan
mencoba
merayu
Bu Mia. Doakan berhasil,”
kata
Lia. “Beres. Kamu
kan ketua
kelas.”
Dengan santun, Lia
menghadap
Bu Lia
yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya
belum juga
siap
mengikuti pelajaran.
“Maaf,
Bu.
Boleh Lia
berbicara
sebentar?” tanya
Lia sambil duduk.
“Iya.
Ada
apa?”
“Begini, Bu, saya mewakili
teman-teman,
Lia minta maaf
karena teman-
teman belum
selesai
ganti baju. “
“Biasanya kan tidak
terlambat
seperti
ini?” tanya Bu
Mia.
“Iya, Bu. Sekali
lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi
baru saja
ujian lari
mengelilingi
stadion 2 kali.”
“Oh ... kenapa tidak bilang
tadi? Kalian
sudah
minum?” suara
Bu Mia berubah ramah
setelah tahu penyebab Lia
dan
kawan-kawannya terlambat ganti
baju.
“Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab
Lia tetap
dengan
sopan.
“Kalau
boleh, kami
minta
waktu sepuluh
menit
untuk minum
dan
ganti baju, Bu. Biar
badan kami
segar.”
“Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti
kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.
“Makasih, Bu,”
kata
Lia.
“Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib.
Tidak
boleh gaduh dan mengganggu
kelas
lain.
Dan
masuk
kelas
lagi tepat
pukul
09.00 WIB.”
“Iya, Bu.
Makasih.”
Teman-teman
Lia yang sejak tadi
ikut
menyimak pembicaraan Lia
dan
Bu Mia bertepuk
tangan gembira
mendengar
keputusan
Bu Mia.
TUGAS MANDIRI
Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks 1
1
Siapa pelaku dalam dialog tersebut?
2
Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
3
Bagaimana tanggapan penjualnya?
4
Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?
5
Bagaimana kesepakatan itu terjadi?
CONTOH JAWABAN TEKS 1
NO |
PERTANYAAN |
JAWABAN |
1 |
Siapa pelaku dalam dialog
tersebut? |
Penjual
mangga dan pembelinya |
2 |
Bagaimana
cara
pembeli
menawar harga mangga
tersebut? |
Sedang musim
mangga, jadi
harga
seharusnya
lebih rendah |
3 |
Bagaimana
tanggapan
penjualnya? |
Berusaha menolak
harga
yang ditawar
karena mangganya
masak pohon |
4 |
Apakah pada akhir dialog
terjadi kesepakatan
antara
penjual
dan
pembeli? |
Terjadi kesepakatan walau harga tidak setinggi harapan
penjual
dan
tidak
serendah
harapan pembeli. |
5 |
Bagaimana kesepakatan
itu terjadi? |
Penjual mengijinkan
ibu itu memilih mangga yang akan dibeli, asal bukan yang besar-besar. |
KERJAKAN TUGAS BERIKUT
Kerjakan seperti contoh diatas!
A.
Pertanyaan-pertanyaan
tentang
isi teks 2
(1). Apa
yang diajukan Rani pada ayahnya?
(2). Apakah ayah langsung mengabulkan permintaan Rani? Jelaskan alasannya!
(3). Bagaimana
cara
Rani
meyakinkan ayahnya?
(4). Bagaimana
cara
Ayah
memenuhi
permintaan Rani?
(5). Apakah permintaan Rani dikabulkan oleh ayahnya? Adakah syarat yang harus
dipenuhi
Rani?
B. Pertanyaan-pertanyaan
tentang
isi teks 3
1. Apa
yang disampaikan
Lia kepada
Bu Mia?
2. Bagaimana
cara
Lia meyakinkan
Bu Mia?
3. Bagaimana
tanggapan
Bu Mia atas
permintaan Lia?
4. Apakah Bu
Lia mengabulkan
permintaan Lia?
5. Adakah syarat yang ditetapkan Bu Mia?
C. Setelah menyimak dan mendiskusikan isi ketiga teks di atas, diskusikanlah hal-hal berikut ini.
(a) Di antara ketiga teks tersebut, manakah yang termasuk ke dalam
teks negosiasi? Jelaskan alasanmu!
(b)
Apakah dalam teks tersebut terjadi proses pengajuan dan
penawaran?
(c) Siapakah partisipan yang menyampaikan pengajuan dan yang mengajukan penawaran?
(d) Apakah terjadi kesepakatan antarpartisipan?
(e) Rumuskanlah ciri-ciri teks negosiasi dengan bahasamu sendiri?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar