Kamis, 01 April 2021

TUGAS BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS X

 TEKS NEGOSIASI, MENGEVALUSAI TEKS NEGOSIASI

https://www.mediafire.com/file/8htwegdnoyvb938/TEKS_NEGOSIASI_1.docx/fileocx/file

Kompetensi Dasar

3.10  Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.

4.10  Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis

 

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

1.   merumuskan ciri teks negosiasi;

2.   menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan penawaran;

3.   menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan).

 

 

A. Mengevaluasi Teks Negosiasi

Pada dasarnya, negosiasi ialah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) lain.

Tujuan  negosiasi  ialah  mengatasi  atau  menyesuaikan  perbedaan, untuk memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan). Negoisasi dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak dalam melakukan transaksi, atau menyelesaikan sengketa/perselisihan pendapat.

 

Merumuskan Ciri Negosiasi

 

Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk ke dalam negosiasi atau bukan, kamu harus mengetahui batasan teks negosiasi.

Sekarang, kamu akan belajar mengenali teks yang termasuk teks negosiasi. Tutuplah bukumu dan mintalah temanmu secara berpasangan untuk memeragakan dialog berikut ini di depan kelas. Setiap selesai pembacaan satu teks, dikusikanlah pertanyaan-pertanyaan yang disediakan pada setiap akhir teks.

 

Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk teks negosiasi atau bukan, berikut ini disajikan unsur-unsur yang harus ada dalam debat.

(a).     Partisipan,  biasanya  pihak  yang  menyampaikan  pengajuan  dan  pihak yang menawar. Pada beberapa negosiasi untuk memecahkan konflik atau pertikaian ada partisipan ketiga yang berperan sebagai perantara, penengah, atau pemandu.

(b).    Adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.

(c).     Ada pengajuan dan penawaran.

(d).     Ada kesepakatan sebagai hasil negosiasi. Ketika tidak tercapai kesepakatan berarti tidak terjadi negosiasi.

 

TEKS 1

 

Pembeli     : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”

Penjual      : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”

Pembeli     : “Boleh kurang kan, bang?”

Penjual      : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus  lho, Bu. Ini bukan  karbitan. Matang pohon .”

Pembeli    : Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”

Penjual     : Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.

Pembeli   : Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?

Penjual    : Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.

Pembeli   : Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.

Penjual    : Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.

Pembeli   : Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.

Akhirnya,   penjual   mempersilakan   pembeli   untuk   memilih   dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.

 

 

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.

1    Siapa pelaku dalam dialog tersebut?

2    Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?

3    Bagaimana tanggapan penjualnya?

4    Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?

5    Bagaimana kesepakatan itu terjadi?

 

TEKS 2

HP BARU

PerihalHPbarunyaitu,sesungguhnyasudahlamaRanimenginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya, Rani pun minta bantuan ibunya. Namun, tetap saja usaha Rani gagal

Minggu lalu, Rani benar-benar berusaha meyakinkan Ayahnya betapa ia sangat membutuhkan HP.

Yah ... Rani benar-benar perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani pada Ayahnya. Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan sudah ada telepon rumah,kata Ayah sambil meletakkan koran ke atas meja. Tapi,  Yah  ...  semua  teman  Rani  punya  HP. Mereka  dapat  dengan

mudah menelpon orang tuanya saat terpaksa pulang telat.

Lha kalau begitu kamu jangan pulang telat, kata Ayah lagi. Rani hampir saja menangis.

Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, ngirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah, kata

 

Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. Kalimat yang sudah beberapa hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.

Mendengar penjelasan Rani, Ayah melepas kaca matanya dan menatap

Rani dengan lembut.

Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?

Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi Ayahnya.

Iya Yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP  kan  enak.  Bisa  buat  diskusi  bareng teman-teman  sekaligus  dapat mengakses internet melalui HP.”

“Hm ... Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal .... Ayah seakan sengaja menggoda Rani.

Asal apa Yah? tanya Rani tak sabar.

Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif.

Rani janji, Yah. Makasih ya Ayah, janji Rani sambil memeluk Ayahnya.

 

TEKS 3

TERIMA KASIH BU MIA

Kamis pagi usai pelajaran olah raga,  Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.

 

Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang nafasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani.

Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali. Waduuuh aku gak berani, jawab Dani. Lia saja suruh bilang. Dia kan

ketua kelas, ” sambung Dani.

Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia. Beres. Kamu kan ketua kelas.

Dengan santun, Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.

Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?tanya Lia sambil duduk. Iya. Ada apa?

Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena teman- teman belum selesai ganti baju. “

Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?tanya Bu Mia.

Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.

Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.

Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,jawab Lia tetap dengan sopan. Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.

Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja, jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.

Makasih, Bu,” kata Lia.

Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.

Iya, Bu. Makasih.

Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan

Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia.

 

TUGAS MANDIRI

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks 1

1    Siapa pelaku dalam dialog tersebut?

2    Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?

3    Bagaimana tanggapan penjualnya?

4    Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?

5    Bagaimana kesepakatan itu terjadi?

 

CONTOH JAWABAN TEKS 1

NO

PERTANYAAN

JAWABAN

1

Siapa pelaku dalam dialog tersebut?

Penjual mangga dan pembelinya

2

Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?

Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah

3

Bagaimana tanggapan penjualnya?

Berusaha menolak harga yang ditawar karena mangganya masak pohon

4

Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?

Terjadi kesepakatan walau harga tidak setinggi harapan penjual dan tidak serendah harapan pembeli.

5

Bagaimana kesepakatan itu terjadi?

Penjual mengijinkan ibu itu memilih mangga yang akan dibeli, asal bukan yang besar-besar.

 

 

KERJAKAN TUGAS BERIKUT

Kerjakan seperti contoh diatas!

A.   Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks 2

 

(1). Apa yang diajukan Rani pada ayahnya?

(2). Apakah ayah langsung mengabulkan permintaan Rani? Jelaskan alasannya! 

(3). Bagaimana cara Rani meyakinkan ayahnya?

(4). Bagaimana cara Ayah memenuhi permintaan Rani?

(5). Apakah permintaan Rani dikabulkan oleh ayahnya? Adakah syarat yang harus dipenuhi Rani?

 

B. Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks 3

 

1.    Apa yang disampaikan Lia kepada Bu Mia?

2.    Bagaimana cara Lia meyakinkan Bu Mia?

3.    Bagaimana tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia?

4.    Apakah Bu Lia mengabulkan permintaan Lia?

5.    Adakah syarat yang ditetapkan Bu Mia?


C.  Setelamenyimadamendiskusikaisketigtekdi atas, diskusikanlah hal-hal berikut ini.

(a)   Di antara ketiga teks tersebut, manakah yang termasuk ke dalam teks negosiasi? Jelaskan alasanmu!

(b)  Apakah   dalam   teks   tersebut   terjadi   proses   pengajuan   dan penawaran?

(c)   Siapakah  partisipan  yang  menyampaikan  pengajuan  dan  yang mengajukan penawaran?

(d)  Apakah terjadi kesepakatan antarpartisipan?

(e Rumuskanlah ciri-ciri teks negosiasi dengan bahasamu sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar